Menu

Mode Gelap
Kodim 0724/Boyolali Dukung Pencanangan Wamentan dalam Program Perluasan Areal Tanam Padi Babinsa Koramil 03/Masaran: Menjalin Kemitraan Erat dengan Petani untuk Ketahanan Pangan Nasional Polresta Surakarta Perketat Pengawasan Jelang Derby Jateng Persis Solo vs PSIS Semarang Polsek Bukateja Ungkap Kasus Diduga Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor di Purbalingga Kapolri Terima Penghargaan Extraordinary Dedication of Patriotism dari CNN Indonesia Kebersamaan TNI dan Warga Desa Bade dalam Pembongkaran Rumah Bapak Sumarjo

Pendidikan

Pemkab Kebumen Raih Anugerah Merdeka Belajar 2024

badge-check


					Pemkab Kebumen Raih Anugerah Merdeka Belajar 2024 Perbesar

Kabar Ngetren/Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional. Kali ini, prestasi tersebut diraih di bidang pendidikan dengan mendapatkan Anugerah Merdeka Belajar 2024 Kategori Transformasi SDM Pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Anugerah bergengsi ini diberikan langsung oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, kepada Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, di JCC Plenary Hall – Jakarta Convention Center, pada Jumat malam, (5/7). Acara tersebut juga dihadiri oleh Mendikbudristek, Nadiem Makariem.

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Kebumen. Penghargaan ini didapat berkat program guru penggerak yang telah dirintis dan diimplementasikan.

“Dalam hal peningkatan kualitas SDM Pendidikan, Pemkab Kebumen terus berupaya menjadikan guru penggerak sebagai motor penggerak untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar yang berorientasi pada murid,” ujar Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa setiap tahun pihaknya terus menambah jumlah calon guru penggerak (CGP) melalui lokakarya CGP yang saat ini sudah masuk angkatan XI. Tingkat kelulusan CGP di Kebumen bahkan menjadi yang terbanyak di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah ini prestasi yang luar biasa. Itu artinya kualitas SDM pendidikan kita bagus. Guru-guru kita cerdas, punya kemampuan yang bagus, baik secara individu maupun kelompok dalam memberikan pembelajaran kepada murid,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kebumen, Yanie Giat Setyawan, menambahkan bahwa salah satu faktor penilaian dari penghargaan ini adalah banyaknya guru penggerak di Kebumen yang diangkat menjadi Kepala Sekolah.

“Selain menjadi guru, banyak guru penggerak kita yang diangkat menjadi Kepala Sekolah. Dan kita memang paling banyak untuk tingkat kelulusan calon guru penggerak di Jateng,” ucapnya.

Yanie menyebut bahwa saat ini total guru penggerak di Kebumen ada ribuan, dengan 680 di antaranya telah menyelesaikan pendidikan. Rinciannya, 196 menjadi Kepala Sekolah, 222 menjadi Guru Mata Pelajaran, dan 260 menjadi Guru Kelas. Selain itu, ada 262 guru yang sedang mengikuti pendidikan angkatan X, 348 guru angkatan XI, dan hampir 200 yang sudah lulus seleksi tapi belum menjalani pendidikan.

“Guru penggerak ini pionir perubahan pembelajaran. Alhamdulillah sudah mengimbas ke guru non penggerak, untuk berubah dalam pembelajaran yang lebih berpihak kepada murid,” jelasnya.

Suseno, salah seorang guru penggerak yang kini menjabat sebagai Kepala SMPN 2 Rowokele, turut menyampaikan selamat kepada Pemkab Kebumen atas prestasi yang diraih, sekaligus terima kasih atas perhatian terhadap para guru di Kebumen, khususnya guru penggerak.

“Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada Bupati Kebumen yang telah menjadikan guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran, tidak hanya di kelas, tapi juga sebagai Kepala Sekolah. Kami bangga menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Kebumen,” ujarnya.

Suseno menutup pesannya dengan harapan semoga penghargaan ini dapat menambah semangat bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga melahirkan murid sesuai profil pelajar Pancasila.

Sumber: Prokompim, editor: eFHa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Memori HP Android Penuh? Begini Cara Mengosongkannya Tanpa Menghapus Aplikasi

19 September 2024 - 14:49 WIB

Pengamanan Ketat Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta: Relawan GBRP dan Polda Metro Jaya Sterilisasi Jalan

6 September 2024 - 09:29 WIB

Kunjungan TK Darma Wanita Nguneng ke Agrowisata SJA Farm: Edukasi Sejak Dini Tentang Pertanian

31 Agustus 2024 - 22:18 WIB

Pemuda Dusun Gondang Desa Nguneng, Eko Pambudi, S.Pd.I, Sukses Bertani Sayuran

29 Agustus 2024 - 19:01 WIB

Putera Terbaik Lampung Duduki Posisi Kepala Kantor KSOP Kelas I Palembang

20 Agustus 2024 - 07:43 WIB

News Berita